Loading

Sir John Cornforth Sosok Penting Dibalik Antibiotik Penisilin

September 7, 2017     Nyangko Sense    

Google doodle

Haii Coders.. Hari ini sudah menggunakan mesin pencarian Google? Mesin pencari Google hari ini menampilkan doodle seorang laki laki berkacamata yang dikelilingi oleh peralatan laboratorium kimia. Ia adalah Sir John Cornforth. Google doodle hari ini dikhususkan untuk memperingati ulang tahun ke 100 dari Sir John Cornforth.

Ilmuwan peraih Nobel Kimia ini lahir di Sydney, 7 September 1917. Pada masa kecilnya, Sir John Cornforth mulai mengalami masalah pada pendengarannya. Dan di usia ke-20 ia mengalami tuli keseluruhan. Walaupun memiliki masalah pada indera pendengarannya namun hal tersebut bukan menjadi penghalang baginya untuk terus melakukan penelitian bahkan mendapatkan beberapa nobel bergengsi. Diantaranya penghargaan Nobel Kimia pada tahun 1975 untuk karyanya pada stereokimia reaksi yang dikatalisis enzim. Ia Juga dianugerahi gelar kebangsawanan pada tahun 1977. Sir John Cornforth juga memperoleh anugerah medali Corday-Morgan pada tahun 1953, Royal Medal pada tahun 1976, dan Copley Medal pada tahun 1982.

Sir John Cornforth sejak usia 16 tahun telah menempuh pendidikan di Sydney Boys High School dan Sydney University. Ia mempelajari kimia organik dan menjadi lulusan dengan penghormatan kelas pertama yang meraih medali universitas pada tahun 1937. Selain itu ia juga memenangkan beasiswa untuk belajar di St Catherine’s College, Oxford.

Sir John Cornforth juga memiliki peranan penting dalam penelitian mengembangkan antibiotik penisilin. Dalam penelitiannya, ia dibantu olh Vladimir Prelog. Keduanya mempelajari enxim yang mengaktifkan perubahan senyawa organik. Hasil penelitian yang dilakukan Sir John Cornforth membuka gerbang bagi banyak penemuan lain, salah satun yang paling penting adalah penemuan obat penuru kolesterol.

Sir John Cornforth merupakan anggota Royal Society. Ia meninggal dunia pada 14 Desember 2013 diusia 95 tahun. (Vd)

sumber: wikipedia

Categories: Wawasan

Leave a Reply