Loading

Masalah OVO Gagal Topup dan Solusinya

December 11, 2018     bagicode    

masalah gagal top-up ovo

Hai coders, kali ini kita akan membahas sesuatu yang baru tapi ngga baru-baru amat, apa itu? ya sesuai judul OVO. Siapa sih yang ngga tahu OVO? kalo dulu sih mimin tahu OVO karna bekerja dekat semanggi terus jalan-jalan ke mall (lupa namanya) dan ada disitu OVO dengan iklan “Bayar parkir cuma 1 Rupiah”. Wow banget kan? apalagi yang kerja berjam-jam bawa motor, super-duper hemat dan bisa alokasikan biaya parkir kemana-mana (tapi sayang admin gak ada motor hehe).

Kemudian OVO berkembang dengan cepat dan diadopsilah ke beberapa startup unicorn seperti GRAB dan TOKOPEDIA. Nah mimin pengguna setia brand Hijau ini, dan beraktivitas sehari-hari menggunakan OJEK ONLINE (maaf ojek pangkalan, bukannya ngga mau pake jasa kalian. Cuma udah begitu banyak kejadian yang sesuatu ama kalian, ngga usah dibahas yak. Ntar jadi kemana-mana nih tulisan haha).

Gimana Kejadiannya ?

Kejadian pada tgl 10/12/2018 inilah kejadiannya. Pada malamnya saldonya dipake buat makan-makan bareng keluarga (bahagia itu ngga rumit kok gan hehe), dan pagi senin (10 desember) baru sadar saldo kan habis. nah, karna saya sering melakukan top-up dengan menggunakan mobile banking bca jadi ngga khawatir (biasa aja) dan jebreeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeet popup smarphone tanda top-up berhasil (belum sadar, saldo belum nambah) dan berjalan menuju halte kecil (bagi kalian yang turun ditanah abang, pasti tahu dimana saya memesan grab). Setelah sampai sayapun melakukan order dan taraaaa failed “saldo tidak mencukupi”, disini saya masih positife (oh mungkin butuh refresh) dan setelah direfresh saldo juga ngga nambah (mulai panik) dan akhirnya buka Tokopedia dan ternyata memang tidak masuk (taraa cemas seketika) dan berakhirlah pemesanan GRAB dengan menggunakan TUNAI (rencana mau topup via driver juga sia-sia karna drivernya ngga punya Saldo haha).

Bagaimana Menyelesaikan Masalah ini ?

Setelah sampai dikantor, sayapun browsing dan akhirnya mendapat beberapa post (kaskus url https://www.kaskus.co.id/thread/5b6fb67e5a51639b518b4568/top-up-ovo-gagal/ ) dan ternyata memang bukan saya aja (malah total topup saya tidak sebesar punya mereka) , namun perlu di caplock dan blok INI BUKANLAH MENGENAI NOMINAL TAPI MASALAH FITUR. Kenapa seperti itu? ya klo banyak yang memakai GRAB terus terkendala sama OVO dan bisa dipastikan aplikasi akan berakhir dengan UNINSTALL, tentu teman ngga mau kan? masa startup indonesia jadi bangkrut -_-

Nah untuk teman-teman yang mengalami masalah ini solusinya adalah bersabar dan mengajukan komlain, komplain sendiri bisa menggunakan 2 platform yaitu email dan whatshapp. Kami menyarankan Anda menggunakan email, kenapa? karna email lebih formal ketimbang whatshapp dan pengalaman saya whatshapp ngga dibalas sedangkan jika menggunakan email akan dibalas no tiket, walaupun ngga ada jawabanya juga klo kita ngoceh haha. (Kontak OVO whatshapp : 08558500696 dan email cs@ovo.id )

Apa aja yang harus disiapkan?

Karna disini saya menggunakan email dan wa, jadi yang saya lampirkan adalah screenshot transaksi saya menggunakan mobile banking BCA dan saldo OVO via Grab karna saya sendiri tidak menginstall aplikasi OVO (bukan user OVO tapi user GRAB jadi ibaratnya kepaksalah wkwk ). Untuk teman-teman yang menggunakan ATM bisa menggunakn STRUK atau jika ngga punya, ya kepaksa ke bank untuk diprint di buku debit dan itu menurut saya RIBET BANGET DAHHHhhh.

Berapa lama prosesnya?

Untuk kejadian ini prosesnya 1×24 jam, karna tadi pagi (11/12/2018) baru masuk. Saya tidak tahu tepatnya jam berapa karna tidak ada informasi lewat WA dan EMAIL. oh ya nominal topup saya hanya 100k karna saya melakukan topup klo sudah habis (soalnya kan ngga ada biaya admin dan sekalian menghemat hehe)

Kesimpulannya duit kalian akan pulang alias balik cuma perlu sabar dan untuk OVO mungkin sebaiknya memperbaiki kinerja servicenya, saya yakin pasti karyawannya banyak. Masa balasan pun ngga bisa, kan user jadi bingung ya. Apakah diproses atau tidak, semoga tulisan singkat ini bisa memperbaiki kinerja OVO dan memberi pengetahuan kepada teman-teman pengguna OVO secara tidak langsung – salam bagicode

Categories: Wawasan

Leave a Reply