Loading

Type File Gambar yang di support oleh Android Studio

April 13, 2018     bagicode    

Tips dan Trik Code Android

Hai coders, kali ini kita akan membahas mengenai gambar pada Android. Gambar? ya gambar untuk memperbagus tampilan Aplikasi Anda namun bisa memberatkan kinerja dari aplikasi android yang akan dibangun. Kenapa? karna pemilihan type, image size dan file size (tipe file, ukuran gambar dan ukuran file) gambar yang tidak tepat. Kenapa kami bilang tidak tepat ? karna pada dasarnya sendiri gambar terdiri beberapa macam size, seperti berikut ini :

  1. PNG
  2. JPG
  3. SVG
  4. GIF

Nah itu dia tipe file yang akan kita bahas, sebagai informasi saja sebenarnya gambar itu hanya ada 2 tipe saja yaitu vektor dan bitmap. Vektor adalah tipe gambar yang dimana jika kalian zoom tak akan pecah dan sebaliknya bitmap adalah tipe gambar yang jika kalian semakin zoom maka akan semakin pecah (kotak-kotak pixelnya nampak), saya rasa tidak perlu jauh-jauh. Cukup dihapalkan saja vektor tidak pecah dan bitmap pecah. Jika kita bagi maka akan menjadi seperti berikut :

Bitmap

  1. JPG
  2. PNG
  3. GIF

Vektor

  1. SVG

Sebenarnya ada banyak tipe file vektor contoh aplikasinya seperti coreldrawn, inkscape, etc (silahkan kalian cek save ada format apa aja disitu) begitu juga dengan bitmap seperti photoshop, gimp, etc

Khusus file Bitmap, tipe file ini semua bisa diconvert ke WebP  agar ukuran file bisa lebih dicompress, sehingga ukuran apk nanti tidak terlalu besar. Perlu diingat jika kalian menggunakan file type bitmap, jangan perna menggunakan ukuran gambar lebih dari 1.000 x 1.000.File PNG biasanya dipake buat image tanpa background alias transparan.

Sedangkan file SVG alias Vektor bisa di convert menjadi XML sehingga sangat lebih kecil dibanding file bitmap walaupun sudah di compress ke webp. Namun perlu diingat SVG hanya disupport ketika Android Studio versi 2 keatas (saya lupa untuk android osnya hehe silahkan search sendiri ya). Nah klo ini ngomongin background, dia bisa pake transparan ataupun ngga (intinya bisa semua) dan jika ingin mengubah ukuran file bisa langsung di file xmlnya, tanpa harus buka aplikasi editor.

Lah kok ngga bahas GIF? pasti mau bilang gitu kan? wkwk tenang kita bahas kok hehe. Untuk file type animation sendiri, sebenarnya juga ada dua (saya tidak akan bahas lebih lanjut ya, clue saja wkwk) vektor dan bitmap. Untuk bitmap kalian bisa load GIF menggunakan library picasso atau glide sedangkan untuk vektor kalian bisa membaca mengenai Lottie dan dia punya library sendiri. Silahkan search ya 😀

Demikianlah pembahasan kita mengenai file bitmap dan vektor, Dengan ini semoga kalian bisa memilah dan memilih tipe file apa aja yang harusnya kalian gunakan untuk aplikasi Anda. Semoga bermanfaat dan selamat ngoding (dont forget subribe wkwk )

Categories: Tutorial Android, Tutorial Kotlin dan Android

Leave a Reply