Loading

Membuat warna gradient dan random dengan kotlin

December 3, 2018     bagicode    

Tutorial Android Gradient dengan Kotlin

Pada tutorial kali ini, kita akan share bagaimana cara membuat gambar background dengan memanfaatkan fitur gradient pada gradient drawable. Sebenarnya kita bisa membuat shape drawable dan langsung bisa set langsung ke view yang ingin kita tambahkan, namun cara ini tidak bisa digunakan jika kalian ingin membuat warna gradientnya secara otomatis dan acak.

1. Mengapa ? mengapa kita harus code langsung di kotlin?

Alasannya sebenarnya sudah kita sebutkan diatas bahwa jika kita menginginkan warna gradient random alias acak dan tidak begitu banyak melibatkan source maka langkah ini adalah langkah yang terbaik, mengingat jika kita harus melibatkan banyak drawable dan kemudian kita mengacak drawablenya, bukan warnanya. Kenapa harus KOTLIN bukan JAVA? apakah karna java tidak bisa melakukanya? sebenarnya ngga juga, java pasti bisa melakukannya. Alasannya adalah karna bahasa KOTLIN ada bahasa baru di dunia Android sehingga kita ingin berbagi dan move dari JAVA. ya sekalian trycast biar ngga lupa :p

2. Bagimana cara melakukannya?

Jika kalian ingin menerapkan ini di view statis, bisa langsung ke viewnya dengan menggunakan fitur setSRC (jika viewnya IMAGEVIEW) atau setBACKGROUND sedangkan jika di view dinamis kalian bisa menambahkan fitur atau code ini ke ADAPTER dan tetap menggunakan fitur setSrc dan setBackground yang sama.

3. Mana code nya?

Oke karna udah penasaran, inilah code yang bisa kalian gunakan (boleh copy paste namun usahakan kalian memahami code yang kalian copy paste, bukan asal code jalan) :

// random nilai int
val rnd = Random()

// membuat value nilai awal dan akhir
val color1 = Color.argb(255, rnd.nextInt(256), rnd.nextInt(256), rnd.nextInt(256))
val color2 = Color.argb(255, rnd.nextInt(256), rnd.nextInt(256), rnd.nextInt(256))

// menerapkan color
val colors = intArrayOf(color1, color2)

// mengatur style gradient
val gd = GradientDrawable(
    GradientDrawable.Orientation.LEFT_RIGHT, colors
)
gd.cornerRadius = 0f

// terapkan ke view
iv_status.setBackground(gd)

Jika kalian masih bingung dengan code diatas, silahkan kalian komentar dibawah dan jika berkenan silahkan share dengan temanmu dan diskusikan code diatas. Kalian juga bisa mengatur style semau kalian, so try it.

4. Clear

Ya sehubungan tipsnya sudah dikasih jadi berakhir juga tulisan ini, semoga saya bisa menulis tiap waktu ya, sehingga banyak tutorial untuk blog ini. Yang mungkin saja bermanfaat bagi teman-teman karna kuota untuk youtube yang wow yeah. Jika kalian ingin tutorial lainnya, kalian bisa komentar dibawah post ini.

Demikianlah, salam bagicode

Categories: Tutorial Android, Tutorial Kotlin dan Android

Leave a Reply