Loading

Ayo Belajar ConstraintLayout Android – Bagian 1

December 4, 2018     bagicode    

tutorial ConstraintLayout

Hai coders, kali ini kita akan belajar mengenai view layout dari android atau lebih tepatnya ConstraintLayout, Layout ini sebenarnya mirip-mirip dengan RelativeLayout karna bisa ditempat dimana saja berdasarkan view lainnya. Kami menyebut layout ini adiknya si relativeLayout karna perkembangannya jauh dari si abangnya.

Kapan kita menggunakan ConstraintLayout ?

Jika ditanya kapan, kalian bisa menjawabnya dari user interface yang akan kalian buat. Jika hanya menggunakan 1 alur (vertical) kalian bisa menggunakan LinearLayout namun jika user interfacenya sangat kompleks, sampai kalian bingung mengenai logika posisi maka jawabnya adalah ConstraintLayout  daripada kalian harus menggunakan 2 view yaitu Linear dan Relative. Dulu saya sangat sering menggabungkan view ini, memang tidak terasa proses renderingnya. Namun ketika viewnya sangat kompleks misalnya root Relativelayout didalamnya ada LinearLayout, didalamnya ada lagi LinearLayout dengan Weight dan bla bla bla. Kalian akan merasakan renderingnya yang ampun banget dah.

Mengapa harus ConstraintLayout ?

Untuk meringankan beban performa dari aplikasi jika studinya kasusnya sama kayak yang diatas didalam layout ada layout dan ada layout lagi (pusing dah wkwk). Memang banyak programmer yang berfikir ah yang penting jalan, termasuk saya (maklum programmer cupu) tapi untuk menjadi programmer yang pro, mau tidak mau kita harus menghilangkan warning dan meningkatkan kualitas code kita walaupun code nya jalan wkwk.

Mudah kah menggunakan ConstraintLayout ?

Ya, bisa dijawab mudah karna tinggal drag and drop namun perlu diingat kalian harus memahami konsepnya terlebih dahulu, disini saya juga sedang belajar jadi yuk kita belajar bareng. Ada beberapa istilah yang mungkin kalian ngga asing jika sering ngoding di android seperti parent, posisi view, alignment, base alignment, guideline, barrier dan sebagainya.

Nah itu aja deh bagian 1 ini, sebenarnya ini lebih menjelaskan kapan dan mengapa harus menggunakan ConstraintLayout sehingga kita mesti upgrade ilmu kita. Jika ada yang mau ditanya, silahkan tanya dikolom komentar – salam bagicode

Categories: Tutorial Android

Leave a Reply