Loading

Tips Memilih Smartphone Terbaik untuk Fotografi

January 12, 2018     Nyangko Sense    

Zaman sekarang banyak banget ya momen yang perlu diabadikan, apalagi momen-momen penting bersama keluarga dan orang- orang yang kita sayangi. Untuk kamu yang hobi foto-foto pasti tak ada satu momen pun yang terlewatkan. Zaman makin canggih smartphone bisa menjadi pilihan pertama untuk mengabadikan moment. Nih, ada beberapa tips buat kamu yang hobi fotografi dengan modal smartphone.

Resolusi Kamera

Kualitas foto dari smartphone salah satunya ditentukan oleh resolusi kamera. Kualitas foto akan semakin baik jika resolusi kamera semakin tinggi, kontras, dan ketajaman warna akan semakin baik. Sehingga, objek foto yang dihasilkan akan semakin bagus. Nah, untuk kamu yang suka foto resolusi kamera smartphone yang kamu miliki minimal 8 MP namun jika ingin mendapatkan hasil yang sempurna kamu bisa menggunakan smartphne dengan resolusi kamera 23 MP.

Kualitas Lensa Zoom In Kamera

Dalam pengambilan foto dibeberapa kondisi tertentu terkadang mengharuskan kita untuk melakukan pembesaran atau zoom. Namun terkadang foto yang dihasilkan malah menjadi pecah atau kabur ketika diperbesar. Hal ini dikarenakan smartphone tersebut menggunakan digital zoom yang berbasis software. Agar kualitas gambar tetap bagus saat melakukan zoom in pastikan terlebih dahulu smartphone kamu mengunakan optical zoom.

Fitur Stabilisasi Gambar

Salah satu hal yang kamu perlukan untuk menghasilkan gambar yang bagus adalah fitur stabilisasi gambar. Fitur ini berguna untuk mengurangi tampak kabur pada foto. Nah, pastikan smartphone kamu memiliki fitur image stabilization di spec-nya.

Fokus Kamera

Fokus kamera memiliki fungsi sama seperti image stabilization yaitu mengurangi tampak kabur pada foto. Fungsi lainnya adalah untuk mengoptimalkan kemampuan fokus kamera untuk menyorot objek yang akan difoto.

Terdapat dua jenis fokus kamera, fokus manual dan fokus otomatis. Fokus manual memudahkan pengguna untuk dapat mengatur fokus kamera sesuai keinginan pengguna, yang pas banget untuk kamu pemotret profesional. Sedangkan fokus otomatis hanya berfokus kepada objek yang akan difoto secara otomatis menggunakan sensor khusus, fokus otomatis sangat membantu bagi pengguna kamera amatir.

Daya Baterai

Hal lain yang juga mempengaruhi aktivitas fotografi adalah daya baterai. Daya baterai dapat tekuras cepat saat kita banyak melakukan aktivitas foto. Agar aktivitas hobi fotografimu terdukung maka pilihlah smartphone dengan kapasitas baterai minimal 2800-3000 mAh, kapabilitas fast charging, atau kamu bisa menyiapkan powerbank.

Kapasitas Penyimpanan

jika kamu memiliki hobi fotografi sudah pasti akan banyak melakukan pengambilan foto yang akan berpengaruh pada ruang penyimpanan tentunya. Semakin banyak foto yang diambil pastinya kamu membutuhkan ruang penyimpanan yang juga lebih banyak. Oleh karen itu, kamu bisa memilih kapasitas penyimpanan minimal 32 GB.

Flashlight

Flash sangat dibutuhkan dan menjadi penentu kualitas foto terutama pengambilan foto ditempat yang kurang pencahayaan. Tidak semua smartphone memiliki flash namun ada beberapa smartphone yang masih menggunkan LED Flash untuk pencahayaan kamera, tetapi hasil foto kurang berkualitas. Oleh karena itu, kamu bisa memilih ponsel pintar yang memiliki Dua LED Flash aatau Xenon Flash untuk pencahayaan kamera. Xenon Flash dapat mendukung pengambilan foto atau video dengan baik walaupun sedikit menguras daya baterai.

(Sumber: Berbagai sumber)

 

Categories: Wawasan

Leave a Reply